Skip to main content

KEGIATAN MAGANG DISDUKCAPIL BULELENG MINGGU KE-1

    Pada hari pertama kami melakukan pengenalan tempat magang, yaitu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Buleleng. Pengenalan dilakukan dengan mengunjungi seluruh divisi yang ada di kantor Disdukcapil mulai dari Substansi Perencanaan, Substantsi Bagian Umum dan Kepegawaian, Substansi Bagian Keuangan, dan lainnya. Setelah mengunjungi seluruh divisi yang ada pada Disdukcapil, kami juga melakukan diskusi dengan mentor mengenai aturan-aturan yang harus dipatuhi saat magang.

    Pada hari kedua kami mengikuti apel pagi, dilanjutkan dengan membantu tim Disdukcapil dalam melakukan pendaftaran penduduk di SMKN 1 Singaraja. seperti yang ditunjukkan pada gambar 1.


Gambar 1. Proses pendaftaran penduduk di SMKN 1 Singaraja

    Pada hari ketiga kami melakukan apel pagi, kemudian setelah itu kami membantu pekerjaan sosial IKD (Identitas Kependudukan Digital) di TK Ganesha Dan SD 1 Astina yang bertempat di kelurahan Banjar Jawa.

    Pada hari keempat kami melakukan apel dan senam pagi di taman kota Singaraja seperti yang dapat dilihat pada gambar 2, dilanjutkan dengan mengerjakan project masing-masing.


Gambar 2. Apel dan senam pagi di taman kota


Comments

Popular posts from this blog

PROJECT MAGANG: VISUALISASI DATA PENDUDUK MENGGUNAKAN POWER BI

     Disdukcapil di Indonesia memiliki peran krusial dalam mengelola data kependudukan dan peristiwa sipil seperti menerima dan memproses pendaftaran individu, mencatat kelahiran dan kematian, serta mencatat peristiwa perkawinan dan perceraian. Meskipun fokus utamanya belum pada visualisasi data, pentingnya pemanfaatan visualisasi data dalam operasi sehari-hari tak terbantahkan. Dengan visualisasi data yang efektif, Disdukcapil dapat memperoleh wawasan mendalam tentang tren demografis, perubahan kependudukan, dan dinamika peristiwa sipil, memungkinkan perencanaan lebih efisien, pengambilan keputusan yang lebih baik, dan pelayanan publik yang lebih terarah.       Tujuan dari project ini yaitu untuk m eningkatkan efisiensi layanan pemerintah merupakan langkah krusial dalam memperbaiki kualitas layanan publik. Dengan melakukan evaluasi dan pembaruan pada proses-proses administratif, pemerintah dapat memastikan penggunaan sumber daya yang lebih efektif d...